Tokopedia dan Fitur Fiturnya

Tokopedia dan Fitur Fiturnya - ulasini.blogspot.com

Tokopedia.com merupakan website berbasis marketplace dibawah naungan PT Tokopedia. Tokopedia.com resmi diluncurkan pada tahun 2009 yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia.com sendiri memiliki perkembangan yang sangat pesat. Terbukti hingga saat ini tokopedia.com merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Tokopedia.com menjual barang barang yang terbilang sangat lengkap mulai dari kategori pakaian, barang elektronik, perlenglapan bayi, peralatan rumah tangga hingga barang barang otomotif. Selain itu penjualnya bahkan mulai dari toko kecil atau rumahan hingga dropshipper, karena tokopedia.com memberikan kesempatan pada semua orang untuk membuka toko sendiri secara gratis. Maka tak heran jika banyak barang yang dijual di tokopedia.com memiliki harga yang lebih murah dari toko offline.

Sebagai marketplace terbesar di Indonesia tentu tokopedia.com memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari tokopedia.com :

Kelebihan tokopedia.com:
  1. Penampilan website cukup simple, enak dilihat, dan user friendly sehingga orang awam mudah untuk mengoperasikan dan menggunakannya.
  2. Loading website cukup ringan karena penampilan website yang sangat minimalis tapi terkesan professional.
  3. Membuat akun pembeli dan membuka toko tanpa biaya alias gratis.
  4. Produk yang dijual sangatlah lengkap dan murah.
  5. Bisa digunakan untuk pembayaran Pajak PBB, Token Listrik, Tagihan Internet dan TV Kabel, hingga Pulsa dan Paket Data, bahkan juga dapat untuk berdonasi.
  6. Terdapat fitur pre-order untuk beberapa produk yang harus import karena biasanya memiliki proses yang memakan waktu lebih lama.
  7. Metode pembayaran terbilang sangat lengkap mulai dari ATM, Kartu Kredit, hingga dapat dibayarkan melalui Alfamart serta Indomart hal ini sangat membantu orang orang yang tidak memiliki ATM untuk bertransaksi.
  8. Bisa menggunakan saldo tokopedia untuk bertransaksi sehingga pembayaran dapat lebih cepat dan terkesan cashless.
  9. Saldo tokopedia bisa dicairkan kembali dengan mentransfer ke rekening kita.
  10. Transaksi yang canggih dan sangat aman karena menggunakan kode OTP (One Time Password).
  11. Waktu pembayaran pesanan bisa sampai 7 hari semenjak invoice masuk sehingga kita tidak terlalu terburu buru untuk membayar barang yang dipesan.
  12. Terdapat fitur pengembalian barang secara gratis ketika barang tidak sesuai dengan pemesanan dan perjanjian untuk beberapa jenis produk

Kekurangan tokopedia.com:
  1. Website tokopedia.com kerap mengalami error. Notifikasi nyangkut, wishlist yang telat, dan terkadang susah mengaksesnya karena sering kali maintenance.
  2. Hanya memiliki fitur FAQ serta tidak memiliki fitur live chatting dengan customer service di website. Untuk menghubungi customer service dapat menggunakan sosial media resmi Tokopedia seperti facebook dan menggunakan email.
  3. Tidak dapat mengirimkan link dan gambar baik itu di disukusi produk maupun pesan pribadi.
  4. Masih banyak produk spam dengan harganya hanya Rp.100 yang bukan merupakan barang yang dijual ataupun harga asli barang melainkan isinya adalah promosi atau info info tidak jelas sehingga menyusahkan pembeli untuk menggunakan fitur filter pencarian barang dengan harga terendah.
  5. Untuk pembeli tidak tersedia fitur komentar untuk memberikan review jika ada penjual yang tiba tiba membatalkan pesanan pembeli secara tiba tiba tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
  6. Untuk penjual tidak tersedia fitur blacklist pembeli untuk menghindari pembeli yang bandel.
  7. Untuk penjual tidak terdapat fitur diskon menggunakan waktu sehingga penjual menggunakan cara manual untuk mengatur harga.
  8. Untuk penjual fitur pengelolaan barang masih kurang baik ketika ada pembeli yang menunggu pembayaran stok barang tidak langsung berkurang secara otomatis.

Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki oleh tokopedia.com masih banyak juga kekurangan yang ada. Maka dari itu developer dan pihak tokopedia.com harus melakukan pemulihan dan pembenahan agar dapat terus berkembang dan bertahan sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Pemecahan masalah dan solusi terkait yang dapat saya sarankan dari kekurangan tokopedia.com adalah:
  1. Melakukan maintenance terjadwal atau secara berkala dan teliti sebelum mempublish hasil maintenance sehingga tidak melakukan maintenance website berkali kali.
  2. Menambahkan fitur live chat dengan customer service untuk memudahkan orang awam jika terjadi suatu masalah untuk menemukan solusi karena tokopedia.com mempunyai customer dari bermacam macam kalangan yang tidak sepenuhnya mengerti.
  3. Dapat mengirimkan link atau foto demi memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli
  4. Pihak tokopedia.com harus melakukan sidak  dan membentuk tim khusus untuk menindak orang orang yang melakukan spamming barang dengan harga Rp.100 karena menghambat penjual maupun pembeli lainnya.
  5. Menambahkan fitur komentar ketika pemesanan barang dibatalkan tanpa pemberitahuan untuk memudahkan menilai penjual nakal ataupun professional.
  6. Menambahkan fitur blacklist pembeli untuk menghindari pembeli yang bandel.
  7. Menambahkan fitur diskon berbatas waktu agar memudahkan penjual mengatur harga secara otomatis.
  8. Memperbaiki dan mengoptimalkan fitur pengelolaan barang agar dapat berkurang secara otomatis sehingga tidak terjadi kemungkinan penjual kehabisan stok barang tetapi masih tertera dengan stok yang masih ada di website.